Media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan “Bovee, 1997”. Multimodal adalah cara berkomunikasi dengan sumber semiotic verbal dan visual dalam berkomunikasi dan merealisasikan jenis dan tingkatan keterlibatan dialogis dalam sebuah buku teks (Kress & van Leeuwen (1996), Chen (2010)). Dalam kasus ini untuk menganalisis media multimodal dalam pembelajaran menulis cerita pendek adalah merealisasikan sebuah cerita dalam bentuk verbal dan visual.
Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dimana, pada hasil angket yang telah diberikan kepada siswa yang berjumlah 4 soal dengan 25 responden, peneliti pun mendapatkan hasil 96% siswa menyukai media Groovy Box, 93% siswa menyatakan semangat belajar saat belajar menggunakan media Groovy Box, lalu 98% siswa merasa memahami pembelajaran dan 94% siswa mendapatkan kemudahan dalam menulis cerita pendek, dengan Groovy Box sebagai media yang digunakan.
Dalam menganalisis dan menggunakan media multimodal dalam pembelajaran cerita pendek di kelas IV sekolah dasar mendapatkan respon yang baik dan hasil yang baik pula, namun pada kenyataannya masih banyak guru yang mengajar dengan menggunakan metode lama dimana guru menjadi membosankan saat mengajar karena hanya mengucap ulang apa yang tertulis di buku tanpa mempraktikkanya. Hal ini menjadi masalah dimana anak-anak yang mulai bosan akan melakukan hal yang lain saat berada di dalam kelas. Metode media multimodal ini sangat dianjurkan untuk digunakan pada saat kegiatan belajar mengajar terjadi.
0 komentar