ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Proses Ketrampilan Berbicara Siswa Dalam Berpendapat Untuk Kelas IV Sekolah Dasar

Senin, 21 Desember 2020

Sekolah merupakan jenjang pendidikan untuk menimba ilmu secara formal. Di sekolahlah kegiatan belajar mengajar berlangsung. Namun, sekolah juga merupakan tempat berkumpul dan bermain antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya dan terjadilah interaksi di dalamnya.  Termasuk interaksi siswa dengan gurunya. Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan membawa fitrah yang mredeka, mempunyai hak dan kebebasan yang telah melekat pada dirinya.. oleh karena itu, manusia mempunyai hak untuk hidup, hak bersuara, kebebasan mengemukakan pendapat, dan hak yang lainnya.

Begitu juga dalam kegiatan belajar mengajar, dalam hal ini siswa mempunyai hak dan kebebassann untuk bersuara, berpendapat atau berargumen di dalam kelas yang berkaitan dengan materi pelajaran di kelas. Siswa diharapkan bisa aktif dikelas dan berpendapat pada saat mereka tidak mengerti dan atau penasaran akan suatu hal. Peran guru disini adalah sebagai fasilitator bukan sebagai seseorang yang hanya menceritakan materi dan menuntut anak-anak untuk setuju dengan apa yang dia katakan.

Namun pada kasus yang banyak ditemukan adalah anak-anak yang belajar secara pasif. Mereka enggan untuk berpendapat atau bahkan bertanya. Jikapun ada diantara mereka yang memiliki keberanian untuk bertanya maka hanya beberapa anak saja yang melakukan hal tersebut. Banyak fakor yang membuat anak enggan bertanya atau berpendapat, baik itu secara eksternal maupun internal.

Untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa perlu diadakan perbaikan. Khususnya dalam proses pembelajaran dan teknik menyampaikan informasi pada peserta didik agar tidak monoton dan mereka merasa bosan lalu terjadilah pembelajaran yang pasif.

Maka peneliti akan menerapkan metode debat dalam cara belajar yang dilakukan 2 atau 3 hari dalam satu minggu. Dalam metode ini diharapkan siswa agar lebih berperan aktif di kelas dan memiliki keterampilan berbicara yang bagus

 

Perumusan Masalah

Dari latar belakang masalah terdapat beberapa masalah yang menjadi faktor mengapa peserta didik bersikap pasif saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Adapun masalah-masalah tersebut sebagai berikut.

  1. Bagaimana cara meningkatkan semangat siswa dalam berpendapat?
  2. Bagaimana cara siswa agar terampil berbicara?
  3. Berdasarkan masalah yang terjadi, maka penulis mengembangkan metode atau teknik belajar mengajar yang membuat peserta didik menjadi aktif.

 

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini, yaitu;

Membuat kegiatan belajar dan mengajar yang menyenangkkan sehingga para peserta didik dapat berperan aktif didalamnya;

Membuat anak lebih percaya diri untuk mengemukakan pendapatnya tanpa harus merasa takut.

 

Ruang Lingkup Penelitan

Ruang lingkup  penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas adalah sebagai berikut :

  1. Peneliti memfokuskan penelitian hanya pada kelas 4 SD saja
  2. Teknik pengajaran yang digunakan adalah debat. Debat merupakan cara peneliti untuk mengasah kemampuan berbicara dan berfikir dari siswa
  3. Penelitia tindakan kelas ini dilakukan di SDN Girimukti
  4. Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah masalah siswa dalam menyampaikan pendpat dan mengasah keterampilan berbicara siswa. 

Hipotesis

Dengan menerapkan metode debat ini dapat membuat anak-anak yang berada di kelas tinggi mampu lebih berperan aktif dan berani dalam mengemukakan pendapat.

 

Tinjauan Pustaka

Keterampilan berbicara adalah saalah satu keterampilan berbahasa sebagai kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspersikan, meyatakan serta mengungkapkan pendapat atau pikiran dan perasaan kepada seseorang atau kelompok secara lisan, baik secara berhadapan ataupun dengan jarak jauh.

Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan yang wajib dimiliki oleh setiap individu karena keterampilan ini memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain baik secara lisan maupun tulisan ataupun secara langsung dan tidak langsung. Keterampilan berbicara dapat kita latih dengan terus bertanya atau berbicara pada teman dan orang lain. Dengan keterampilan inipun kita menjadi lebih percaya diri untuk tampil didepan umum.

 

Metodologi Penelitian

  1. Waktu dan Lokasi Studi
  2. Penelitian ini dilakukan di SDN Girimukti dengan rentang waktu 2 bulan.
  3. Sumber Data Pnelitian
  4. Data penelitian ini diambil dari kelas tinggi di SDN Girimukti dengan cakupan hanya kelas 4 SD.

 

Alur Penelitian

  1. Penelitian Pendahuluan
  2. Mengaplikasikan Metode Belajar Baru
  3. Analisis


Share This :

0 komentar