Sekolah merupakan jenjang pendidikan untuk menimba ilmu
secara formal. Di sekolahlah kegiatan belajar mengajar berlangsung. Namun,
sekolah juga merupakan tempat berkumpul dan bermain antara siswa yang satu
dengan siswa yang lainnya dan terjadilah interaksi di dalamnya. Termasuk interaksi siswa dengan gurunya.
Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan membawa fitrah yang mredeka, mempunyai hak
dan kebebasan yang telah melekat pada dirinya.. oleh karena itu, manusia mempunyai
hak untuk hidup, hak bersuara, kebebasan mengemukakan pendapat, dan hak yang
lainnya.
Begitu juga dalam kegiatan belajar mengajar, dalam hal ini
siswa mempunyai hak dan kebebassann untuk bersuara, berpendapat atau berargumen
di dalam kelas yang berkaitan dengan materi pelajaran di kelas. Siswa
diharapkan bisa aktif dikelas dan berpendapat pada saat mereka tidak mengerti
dan atau penasaran akan suatu hal. Peran guru disini adalah sebagai fasilitator
bukan sebagai seseorang yang hanya menceritakan materi dan menuntut anak-anak
untuk setuju dengan apa yang dia katakan.
Namun pada kasus yang banyak ditemukan adalah anak-anak yang
belajar secara pasif. Mereka enggan untuk berpendapat atau bahkan bertanya.
Jikapun ada diantara mereka yang memiliki keberanian untuk bertanya maka hanya
beberapa anak saja yang melakukan hal tersebut. Banyak fakor yang membuat anak
enggan bertanya atau berpendapat, baik itu secara eksternal maupun internal.
Untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa perlu
diadakan perbaikan. Khususnya dalam proses pembelajaran dan teknik menyampaikan
informasi pada peserta didik agar tidak monoton dan mereka merasa bosan lalu
terjadilah pembelajaran yang pasif.
Maka peneliti akan menerapkan metode debat dalam cara
belajar yang dilakukan 2 atau 3 hari dalam satu minggu. Dalam metode ini
diharapkan siswa agar lebih berperan aktif di kelas dan memiliki keterampilan
berbicara yang bagus
Perumusan
Masalah
Dari latar belakang masalah terdapat beberapa masalah yang
menjadi faktor mengapa peserta didik bersikap pasif saat kegiatan belajar
mengajar berlangsung. Adapun masalah-masalah tersebut sebagai berikut.
- Bagaimana cara meningkatkan semangat siswa dalam berpendapat?
- Bagaimana cara siswa agar terampil berbicara?
- Berdasarkan masalah yang terjadi, maka penulis mengembangkan metode atau teknik belajar mengajar yang membuat peserta didik menjadi aktif.
Tujuan
Penelitian
Tujuan penelitian ini, yaitu;
Membuat kegiatan belajar dan
mengajar yang menyenangkkan sehingga para peserta didik dapat berperan aktif
didalamnya;
Membuat anak lebih percaya diri
untuk mengemukakan pendapatnya tanpa harus merasa takut.
Ruang Lingkup Penelitan
Ruang lingkup penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas adalah sebagai berikut :
- Peneliti memfokuskan penelitian hanya pada kelas 4 SD saja
- Teknik pengajaran yang digunakan adalah debat. Debat merupakan cara peneliti untuk mengasah kemampuan berbicara dan berfikir dari siswa
- Penelitia tindakan kelas ini dilakukan di SDN Girimukti
- Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah masalah siswa dalam menyampaikan pendpat dan mengasah keterampilan berbicara siswa.
Hipotesis
Dengan menerapkan metode debat ini dapat membuat anak-anak
yang berada di kelas tinggi mampu lebih berperan aktif dan berani dalam
mengemukakan pendapat.
Tinjauan
Pustaka
Keterampilan berbicara adalah saalah satu keterampilan
berbahasa sebagai kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata
untuk mengekspersikan, meyatakan serta mengungkapkan pendapat atau pikiran dan
perasaan kepada seseorang atau kelompok secara lisan, baik secara berhadapan
ataupun dengan jarak jauh.
Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan
yang wajib dimiliki oleh setiap individu karena keterampilan ini memudahkan
kita untuk berkomunikasi dengan orang lain baik secara lisan maupun tulisan
ataupun secara langsung dan tidak langsung. Keterampilan berbicara dapat kita
latih dengan terus bertanya atau berbicara pada teman dan orang lain. Dengan
keterampilan inipun kita menjadi lebih percaya diri untuk tampil didepan umum.
Metodologi
Penelitian
- Waktu dan Lokasi Studi
- Penelitian ini dilakukan di SDN Girimukti dengan rentang waktu 2 bulan.
- Sumber Data Pnelitian
- Data penelitian ini diambil dari kelas tinggi di SDN Girimukti dengan cakupan hanya kelas 4 SD.
Alur
Penelitian
- Penelitian Pendahuluan
- Mengaplikasikan Metode Belajar Baru
- Analisis
0 komentar