ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Cara Membuat GIF dengan Photoscape

Senin, 21 Desember 2020

Gambar yang dihasilkan banyak jenisnya mulai dari JPG, PNG, GIF dan lain lain. Gambar yang berbentuk JPG biasanya dihasilkan oleh kamera handphone, gambar ini sifatnya diam atau tidak bergerak. Sebaliknya, GIF adalah hasil bentuk foto yang bergerak.


Ternyata membuat animasi dalam bentuk GIF tidak sulit. Bahkan dengan mudahnya anda dapat membuat kombinasi foto anda sendiri menjadi gambar bergerak, dalam hal ini kami menggunakan Photoscape v3.4 berikut adalah langkah pembahasannya

Bukalah aplikasi photoscape
Setelah aplikasi photoscape dibuka silahkan klik AniGIF pada bagian menu seperti berikut:

Tambahkan foto anda
Setelah menekan tombol AniGIF anda akan disajikan tampilan seperti dibawah ini, langkah selanjutnya adalah anda cukup menekan tombol add dan mencari dimana foto yang anda ingin kombinasi ditempatkan. Anda pun dapat menambahkan banyak foto disitu, namun perlu diingatkan bahwa semakin banyak gambar yang dikombinasikan maka akan semakin besar ukuran filenya.

Rancang sesuai yang anda suka
Setelah menambahkan beberapa foto, tampilan layar akan menyuguhkan banyak fitur untuk menyempurnakan animasi GIF anda. Bisa dilihat dari tampilan berikut:
Dalam foto tersebut akan dibahas yang ditandai warna merah saja, karena itu merupakan inti poin untuk merancang animasi GIF.


Change Time
Change Time atau Pengubah Waktu tool ini dapat mengatur waktu yang anda inginkan dalam setiap gambarnya. Seperti dalam foto pertama anda menginginkan ditampilkan dalam waktu 5 detik, namun pada foto kedua hanya ingin 2 detik saja. Anda dapat menggunakan fitur ini dengan cara menekan gambar yang anda inginkan dan merubah kuantitas waktu yang anda inginkan.

Change effect
Fitur ini dapat memudahkan anda untuk mengganti tampilan seperti transisi, dalam hal ini ada 7 effect yang dapat anda coba untuk memaksimalkan hasilnya.

Background Colour
Warna latar belakang ini dapat kita terapkan sebagai warna gambar transisi pada effect yang telah kita terapkan tadi.

Paper Full
Paper full merupakan salah satu opsi yang ada pada tool seperti stretch, image full, paper full, dan Photo Align yaitu perataan posisi foto anda hanya perlu memilih salah satu diantaranya.

Simpan animasi
Dalam penyimpanan ini anda hanya diperlukan menekan tombol save, lalu tombl yes pertanda setuju seperti berikut ini:




Kemudian, pilih lokasi dimana anda akan menyimpan dan akan muncul bar status proses dan tunggu hingga selesai. Setelah itu akan muncul kolom pemberitahuan klik ok lalu animasi GIF anda telah selesai. Silahkan buka folder tempat anda menyimpan tadi untuk memastikan bahwa animasi anda tersimpan dengan baik.
Share This :

0 komentar