Keterampilan Intelektual
Keterampilan
Intelektual adalah berpikir, kecekatan, dan kecepatan memanfa’atkan pikiran,
cepat tanggap dalam menghadapi permasalahan sosial dimasyarakat (Nursid
Sumaatmadja, 2007: 1.10). keterampilan sosial yang dikembangkan dalam
pembelajaran IPS bertujuan untuk melatih
peserta didik berpikir logis dan sistematis dalam memecahkan maslah yang nyata
dalam kehidupan bermasyarakat.
Aktiitas yang nampak dalam proses belajar adalah mengumpulkan, menunjukan, menerapkan,
menganalisis, dan menilai (Saidihardjo dan Sumadi HS, 1996:97). Untuk
meningkatkan dan memantapkan keterampilan ini metode yang dapat digunakan
pendidik antara lain adalah metode Tanya jawab dan diskusi. Melalui metode ini
peserta didik diberikan stimulus sehingga dapat mengajukan persoalan sendiri
tentang permasalahan yang terjadi dimasyarakat. Dengan demikian siswa menjadi
cepat tanggap, kritis, dan kreatif.
Keterampilan Personality
Kepribadian
(personality) seorang terbentuk sejak lahir dan berkembang karena pengaruh
lingkungan tempat tinggal. Setiap orang
memiliki kepribadian yang berbeda, akan tetapi sebagai kelompok masyarakat ,
bahkan sebagai bangsa memiliki kepribadian tertentu dengan ciri-ciri yang dapat
dibedakan dengan kelompok/masyarakat atau bangsa lain.
Kepribadian
seseorang dibina dan dikembangkan oleh lingkungannya sendiri, baik luas maupun
sempit. Contohnya kepala Negara, tokoh-tokoh dalam berbagai bidang yang
memiliki kepribadian kuat. Bekal pengetahuan ips akan memberikan ciri atau
karakter tertentu dalam pembentukan kepribadian.
Keterampilan sosial
Keterampilan
sosial adalah keterampilan melakukan sesuatu an berhubungan dengang kepentingan
hidup bermasyarakat, seperti bekerja sama, bergotong royong, menolong orang
lain yang memerlukan dan melakukan tindakan secara cepat dalam memecahkan
persoalan sosial dimasyarakat ( Nursid Sumaatmdja 2007:1.10). keterampilan ini
menuntuk pendidik sebagai anggota masyarakat untuk berperan dan peka terhadap
kejadian dan masalah yang terjadi di masyarakat.
Sebagai seorang
pendidik tidak boleh memiliki sifat masa bodoh,
tetapi harus aktif dan melibatkan diri dalam meningkatkan taraf hidup.
Selain itu juga membantu masyarakat dalam mencari alternative solusi dari
permasalahan yang dihadapi.
0 komentar