ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Keterampilan dalam Ilmu Pengetahuan Sosial

Senin, 21 Desember 2020

 

Keterampilan Intelektual

Keterampilan Intelektual adalah berpikir, kecekatan, dan kecepatan memanfa’atkan pikiran, cepat tanggap dalam menghadapi permasalahan sosial dimasyarakat (Nursid Sumaatmadja, 2007: 1.10). keterampilan sosial yang dikembangkan dalam pembelajaran IPS  bertujuan untuk melatih peserta didik berpikir logis dan sistematis dalam memecahkan maslah yang nyata dalam kehidupan bermasyarakat.

Aktiitas yang nampak dalam proses belajar adalah mengumpulkan, menunjukan, menerapkan, menganalisis, dan menilai (Saidihardjo dan Sumadi HS, 1996:97). Untuk meningkatkan dan memantapkan keterampilan ini metode yang dapat digunakan pendidik antara lain adalah metode Tanya jawab dan diskusi. Melalui metode ini peserta didik diberikan stimulus sehingga dapat mengajukan persoalan sendiri tentang permasalahan yang terjadi dimasyarakat. Dengan demikian siswa menjadi cepat tanggap, kritis, dan kreatif.

 

Keterampilan Personality

Kepribadian (personality) seorang terbentuk sejak lahir dan berkembang karena pengaruh lingkungan tempat tinggal.  Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda, akan tetapi sebagai kelompok masyarakat , bahkan sebagai bangsa memiliki kepribadian tertentu dengan ciri-ciri yang dapat dibedakan dengan kelompok/masyarakat atau bangsa lain.

Kepribadian seseorang dibina dan dikembangkan oleh lingkungannya sendiri, baik luas maupun sempit. Contohnya kepala Negara, tokoh-tokoh dalam berbagai bidang yang memiliki kepribadian kuat. Bekal pengetahuan ips akan memberikan ciri atau karakter tertentu dalam pembentukan kepribadian.

 

Keterampilan sosial 

 

Keterampilan sosial adalah keterampilan melakukan sesuatu an berhubungan dengang kepentingan hidup bermasyarakat, seperti bekerja sama, bergotong royong, menolong orang lain yang memerlukan dan melakukan tindakan secara cepat dalam memecahkan persoalan sosial dimasyarakat ( Nursid Sumaatmdja 2007:1.10). keterampilan ini menuntuk pendidik sebagai anggota masyarakat untuk berperan dan peka terhadap kejadian dan masalah yang terjadi di masyarakat.

Sebagai seorang pendidik tidak boleh memiliki sifat masa bodoh,  tetapi harus aktif dan melibatkan diri dalam meningkatkan taraf hidup. Selain itu juga membantu masyarakat dalam mencari alternative solusi dari permasalahan yang dihadapi.

Share This :

0 komentar