ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Menanamkan Nilai dan Sikap dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Senin, 21 Desember 2020

 

Nilai merupakan ukuran baik buruknya seseuatu. Nilai juga bisa didefinisikan sebagai pecerminan budaya suatu kelompok masyarakat. Jika ditinjau sebagai nilai, maka dapat diartikan sebagai pedoman kehidupan bermasyarakat yang lebih tinggi tingkatannya dari pada norma sosial. Dikatakan demikian karena norma sosial juga bersumber dari pedoman pada system nilai.

Sikap adalah keadaan pada diri manusia yang menggerakan untuk bertindak dan menyertai manusia dengan perasaan-perasaan tertentu dalam menanggapi objek dan semua itu terbentuk dari pengalaman ( Bimo Walgito 1983: 52-55). Koentjaraningrat  (1974) bahwa sikap adalah suatu diposisi seorang individu untuk bereaksi terhadap lingkungannya, baik lingkungan manusia/masyarakat, maupun lingkungan alami/fisik.



Sikap biasanya juga dipengaruhi oleh nilai budaya dan sering pula bersumber dan sering pula bersumber dari sistem nilai budaya. Sikap merupakan reaksi emosional seseorang terhadap lingkungannya, baik positif maupun negatif. Walaupun sikap mental ada pada diri seseorang, tetapi sangat dipengaruhi oleh sistem nilai, pengalaman, dan pendidikan. Oleh karena itu pendidikan khususnya pembelajaran IPS, dapat digunakan sebagai sarana untuk membina sikap mental peserta didik.

Menanamkan Nilai dan Sikap dala pembelajaran IPS

Berikut ini beberapa sikap dan tingkah laku yang berlaku umum dan lebih mengembangkan nilai kemanusiaan dan kesatuan sebagai warga masyarakat yang perlu mendapatka penekanan ( Paul Suparno:2001).

  1. Sikap penghargaan pada setiap manusia.
  2. Sikap tenggang rasa, jujur, berlaku adil, suka mengabdi, ramah, setia, sopan dan tepat janji.
  3. Sikap Demokratis dan menghargai gagasan orang lain serta mau hidup bersama orang lain yang berbeda.
  4. Kebebasan dan tanggung jawab.
  5. Penghargaan terhadap alam.
  6. Penghormatan kepada sang pencipta.
  7. Sikap yang merupakan pengembangan pribadi manusia yang menunjang penyempurnaan diri pribadi misalnya disiplin, bijaksana, cermat, mandiri, dan percaya diri.

Pada jenjang sekolah dasar, peserta didik harus diperkenalkan dengan proses pengembangan pemahaman tentang alas an kenapa hal-hal tersebut harus diperkenalkan. Untuk kelas renda , unsur-unsur permainan dan penanaman nilai tidak boleh ditinggalkan karena pada tahap ini peserta didik harus dikondisikan merasa senang dalam hidup bersama, bersosialisasi, dan mulai mengenal ilmu pengetahuan. Kegiatan yang dapat diperkenalkan  antara lain mengunjungi museum, kebun binatang, tempat-tempat bersejarah, dsb.

 

Untuk kelas tinggi, porsi pemahamannya harus ditambah. Kegiatan-kegiatan yang dapat membangun sikap tanggung jawab, keteraturan dan kebersamaan dalam kelompol harus mulai diterapkan. Pemberian tugas, baik yang bersifat individu maupun kelompok, diskusi dan Tanya jawab merupakan metode yang cocok untuk menanamkan Nilai dan Sikap dalam pembelajaran IPS.


Share This :

0 komentar