ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Pengelolaan Waktu dan Manfaatnya

Senin, 21 Desember 2020

Manusia adalah faktor utama yang sangat penting dalam setiap organisasi apapun bentuknya. Ketika manusia memasuki dunia organisasi maka itulah awal perilaku manusia yang berada dalam organisasi itu. Oleh karena persoalan-persoalan manusia senantiasa berkembang berdasarkan situasi dan kondisi dan semakin sulit dikendalikan, maka persoalan-persoalan organisasi dan khususnya persoalan perilaku organisasi semakin hari semakin berkembang. Perilaku organisasi hakikatnya mendasarkan pada ilmu perilaku itu sendiri.

Belajar merupakan peran utama bagi mahasiswa, tapi kegiatan belajar tidak saja terjadi di dalam kelas namun juga di luar kelas. Salah satu contoh belajar di luar kelas ialah dengan mengikuti organisasi. Organisasi menjadi salah satu jembatan untuk melatih mahasiswanya untuk bersosialisasi dengan orang lain, namun organisasi pun bisa memberikan wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan bakat dan mengembangkan kreativitas. Organisasi bisa menjadi tempat untuk mencari ilmu dan wawasan serta pengalaman yang tidak bisa didapatkan di dalam kelas.

Dalam dunia pekerjaan sangat diperlukan kemampuan memimpin yang baik, ketahanan mental yang kuat dalam memahami situasi sosial yang beragam. Banyak mahasiswa yang cerdas namun memiliki kelemahan ketika harus berkomunikasi dengan orang lain. Itu mengapa organisasi bisa menjadi alat bagi mahasiswa untuk melatih diri berinteraksi dan bersosialisasi dalam sebuah kelompok yang nantinya bisa diimplementasikan ketika sudah berada pada dunia pekerjaan.

Berorganisasi belajar mengenal waktu akan menjadi terbiasa. Memang dengan mengikuti organisasi waktu yang biasa digunakan untuk belajar dan mengerjakan tugas akan berkurang. Kuantitas tugas yang diberikan kepada mahasiswa yang mengikuti organisasi atau tidak akan tetap sama banyaknya. Pada kasus ini, mahasiswa akan belajar bagaimana caranya memanajemen waktu dan memprioritaskan mana yang lebih penting.

Dengan adanya keahlian memanage waktu mahasiswa akan mampu untuk membuat rincian tentang apa saja yang harus dai dahulukan dan menngesampingkan hal yang tidak perlu ia lakukan. Hidup mereka lebih teratur dan tertata rapi. Karena hal ini pula memudahkan seseorang dalam mengambil keputusan. Seperti pada sebuah organisasi yang membutuhkan keputusan yang cepat dan tepat. Namun mengatur waktu secara rapi dan efektif bukanlah hal yang mudah, apalagi berupaya menaati aturan-aturan yang dibuat oleh mereka sendiri. Sebagai anak muda dan mahasiswa, kita pasti pasti akan memiliki sekian banyak kegiatan dan tantangan  baru, eran dan sekaligus tanggung jawab serta prioritas lain yang harus dilakukan.

Berperan aktif dalam suatu organisasi akan sangat membantu mahasiswa dalam membagi waktunya agar tercecer dan melupakan tugas yang harus di prioritaskan. Belum lagi dengan kita berperan aktif maka kita akan memiliki banyak teman dari berbagai organisasi pula. Menambah wawasan dapat kita lakukan saat kita berada dalam sebuah organisasi. Dan dengan mengikuti organisasi mampu menggali potensi yang kita miliki lalu mengembangkannya menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Peran organisasi bagi kehidupan manusia sangatlah mempngaruhi individu tersebut. Banyak  manfaat lain yang bisa menjadi alasan dan mendasari kita untuk berorganisasi dan memanage waktu dengan sangat baik. Sehingga memudahkan kita untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Mengelola waktu dan berorganisasi memiliki ikatan yang sangat kuat karena keduanya saling mendukung satu sama lain. Pengelolaan waktu yang baik akan menghasilkan individu yang hidupnya tertata rapi dan orang yang memiliki organisasi akan menjadi individu yang terasah keahliannya.

Seseorang yang memiliki hidup yang tertata dengan rapi cendrung akan memiliki hidup yang berkualitas dan tubuh yang sehat. Karena bukan hanyakegiatan merka saat beraktivitas di siang hari, seperti bekerja atau mengerjakan tugas harian tapi jam istirahat mereka pun lebih teratur sehingga tubuh memreka mendapat istirhat yang cukup, berbeda dengan orang yang senang tidur larut malam hanya untuk bermain permainan di gawainya masing-masing.

Setelah tidur yang cukup, maka tubuh juga membutuhkan olahraga yang cukup agar tubuh kita tetap kuat dan bertenaga. Mereka cenderung membiasaka diri melakukan olahraga kecil sebelum atau sesudah mereka tidur. Karena jadwal yang telh merek susun, mereka akan menyisihkan waktu sedikit untuk berolahrga, 15 menit pun diarsa sudah cukup.

Sebenarnya ada banyak sekali hal yang dapat kita lakukan dengan pengelolaan waktu yang baik. Ini hanyalah sedikit dari yang penulis cantumkan, ada banyak manfaat lain dari mengelola waktu yang baik maka akan menghasilkan kehidupan yang berkualitas.

Share This :

0 komentar